Ketika memposting tentang Logika If pada Excel temen sekantor Komplain (caile..... kayak customer service aja nih blog)  >>>>  ya sudah dari pada diributin mending begini aja tata bahasanya.
Ketika memposting tentang  Logika If pada Excel  temen sekantor berpendapat bahwa postingan  Logika If pada Excel  susah untuk dipraktekkan.
Nyong cuman bliang ke temen Nyong,  begitu ya....
Terpikir oleh Nyong untuk membantu temen Nyong dengan membuat postingan ini, walaupun dengan menggunakan bahasa yang lebih formal Nyong berusaha menerangkan tentang Logika If pada Excel berikut penjelasannya :
Fungsi IF (Tunggal)
Digunakan untuk menguji data-data dengan syarat hanya boleh mengajukan 2 syarat. 
Misalkan Sampeyan Kepingin mengelompokkan sebuah data hasil belajar pada kelompok-kelompok tertentu, 
"Tuntas" dan "Tidak Tuntas", 
berarti "Tuntas" memiliki syarat dan "Tidak Tuntas" juga memiliki syarat tertentu lainnya.

Bentuk fungsi:


=IF(Logika;nilai jika syarat benar;nilai jika syarat salah)
penjelasan:
  • Logika: 
          Data yang akan diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. 
          Dalam pengisian logika ini antara kondisi dan syarat harus menggunkan 
          operasi pembanding, 
          misal: …=…,
                    …<=…,
                    …>=…
  • Hasil jika syarat benar: (TRUE). 
  • Untuk hasil yang bertipe teks maka teks tersebut diapit menggunakan tanda petik ganda (“ “)
  • Hasil jika syarat salah:  (FALSE).
Contoh 
Logika If pada Excel
Menentukan atau mengelompokkan hasil belajar siswa dalam bentuk 
1. Tuntas >=65
2. Tidak Tuntas <=65

Sampeyan ikuti Jejak langkah Nyong ya :
  1. Buka Worsheet lalu buat seperti gambar
  2. Pada Keterangan ketik =IF(B2>=65;”Tuntas”;”Tidak Tuntas”)
  3. Fungsi Logoka If
  4. Enter maka hasinya Tuntas.
  5. Copy paste jawaban s/d no 10.
    Hasilnya seperti gambar di bawah ini.
  6. Fungsi Logika If

Gambar diatas Cara membacanya adalah 
(Jika Hasil Belajar >=65, maka Tutas, Jika Tidak maka Tidak Tuntas)

Gampang kan Mas? 
Kalo masih sulit Nyruput Teh Nasgitel di Warung Mak Nya Nyem dulu ya,

0 komentar:

Posting Komentar

Nyong ngaturke matur nuwun karo Saran Panjenengan