02.30
4
Walaupun bukan Pecandu Kopi, Nyong mau berbicara mengenai Nyruput  kopi, sebab sesekali Nyong juga Nruput Kopi.
Awalnya Banyak orang (termasuk Nyong dan Sampeyan) yang masih berpendapat bahwa Nyruput kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Nyruput Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa pun, bukan hanya Nyruput  kopi, bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik.

Manfaat Kopi

Manfaat Kopi

Menurut Harvard Women’s Health, Nyruput kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2,  penyakit jantung, kanker usus besar, pembentukan batu ginjal,  kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit parkinson, serta menghambat penurunan daya kognitif otak.
  • Diabetes. Di seluruh dunia dari Dua puluh studi yang dilakukan  menunjukkan bahwa nyruput kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Dugaab peneliti penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  • Kanker. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa Nyruput kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Sirosis.  Nyruput  Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena Mendem alkohol.
  • Penyakit Parkinson. Pecandu kopi yang gemar  Nyruput  Kopi memiliki resiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak  Nyruput  kopi.
  • Penyakit jantung dan stroke.  Nyruput   kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke.  Sebaliknya,  Nyruput  kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang  Nyruput   dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak  Nyruput  kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  • Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa  Nyruput   setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Efek Negatif Kopi

Namun demikian, Nyruput kopi juga memiliki efek negatif. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Sampeyan  Nyruput  Kopi secara berlebihan.
Bagi kebanyakan orang,  Nyruput   dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif.  Nyruput   kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang  Nyruput   kopi agar tidak mengantuk–misalnya karena kekurangan tidur– disarankan agar  Nyruput  disebar sepanjang hari.
Riset mengenai hubungan Nyruput   kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak  Nyruput   lebih dari satu cangkir kopi 
Minum Teh aja ya mas kayak Nyong......sehari  3X sepoci, yang Nasgitel ya!

4 komentar:

  1. kopi pahit karo pisang goreng, bareng marunge karo gurune.
    Mak nyus...

    BalasHapus
  2. Lah keprigen sih kang, nulis kopi tapi malah ngajak medang.

    BalasHapus
  3. Waduh...
    mengko mulange ning warung kiye.

    BalasHapus
  4. Nyong, bukan pecandu kopi tapi teh kang, lagi pengin berbagi masalah nyruput kopi kang.

    BalasHapus

Nyong ngaturke matur nuwun karo Saran Panjenengan