14.23
5
sikuang
Pondok Pesantren Daarut Tasqif Sikuang Kendalsari Petarukan
Sudah Agak lama Nyong belum pulang kampung ke Sikuang Kendalsari Petarukan Pemalang, kalo ditung-itung sich hampir 6 bulan. Maklumlah Nyong sekarang ada di Bekasi, lagi mencari isi periuk nasi biar tidak Njomplang.
Sewaktu Nyong lagi blogging, Nyong coba buka Mbak Yahoo, biasane sich menggunakan Om Google. Nyong coba menggunakan Mbak Yahoo untuk mencari penyegaran biar gak bosen kalo mencari sesuatu dengan search engine (walah ngeles aja nich....). 
ketika mengetikan keyword Sikuang Kendalsari Petarukan ada sebuah web yang menarik perhatian Nyong. Tampilan di Mbak Yahoo sich begini :


News

Pondok Pesantren Daarut Tasqif, Dukuh Sikuang Tengah Rt. 7 Rw. 3 Desa KendalsariKec. Petarukan Email: This email address is being protected from spambots.
www.ydc-pemalang.org/news.html - Salinan

Ternyata Nyong baru tahu bahwa di Sikuang Kendalsari Petarukan Pemalang ada pondok pesantren (plak .... aduh di keplak teman sekamar).
Nyong coba buka web diatas, karena web ini bukan web gratisan kayak milik Nyong, kalo Nyong kan Blogspot tetapi web ini domainnya org. Sebuah domain yang cukup prestisius.
Menurut Nyong web ini loading-nya agak lambat karena maklum lah memakai Joomla dan belu ada menu berlangganan tetapi secara keseluruhan isi web-nya bagus berisi informasi tentang dakwah Islam. 
Sujud Syukur Nyong ucapkan karena gerakan dakwah di Sikuang kendalsari Petarukan Pemalang sekarang ada di dunia maya. Mudah-mudahan admin web ini senantiasa meng update isi dari web, sehingga lebih bermanfaat bagi umat.
Maju terus mas Admin semoga  www.ydc-pemalang.org menjadi sarana untuk perbaikan moral remaja di Sikuang Kendalsari Petarukan Pemalang.
Dan menariknnya web ini memiliki link ke :

sikuang sikuang sikuang
sikuang
sikuang sikuang sikuang
Dan inilah pofile Pondok Pesantren Daarut Tasqif Sikuang Kendalsari Petarukan :
MUQADDIMAH
Youth Dakwah Center adalah sebuah lembaga dakwah Remaja Islam yang berdiri pada April 2012 di Pemalanh, Indonesia. Youth Dakwah Center merupakan lembaga dakwah remaja yang bertujuan untuk mengajak remaja muslim berjuang dalam dakwah Islam agar kembali ke dalam kehidupan secara islami, di dalam masyarakat Islam.
YOUTH DAKWAH CENTER
Lembaga Youth Dakwah Center selanjutnya disebut YDC, adalah lembaga dakwah Islam yang bergerak melalui media online dan kajian keilmuan. Lembaga YDC dilandasi dengan keyakinan bahwa perubahan masyarakat tidak bisa dilakukan kecuali dengan perubahan pemikiran.
YDC merupakan lembaga dakwah terpadu, yakni lembaga dakwah yang menggabungkan antara dakwah, pendidikan, dan aktifitas sosial serta keilmuan. Ide Islam menjadi jiwa inti sekaligus sebagai rahasia kelangsungan aktivitas YDC. YDC berkeyakinan bahwa kebangkitan umat yang benar hanya bisa dicapai melalui tingginya taraf pemikiran umat sehingga menjadi fikrul mustanir (pemikiran yang cemerlang).
YDC hadir untuk memberikan ruang ke-ilmuan islam yang cerdas, kritis dan berpegang teguh kepada ideologi Islam. YDC juga merupakan wadah untuk siapapun yang memiliki aspirasi dan kepedulian terhadap gagasan penerapan syariat Islam secara kaffah.
LATAR BELAKANG KEBERADAAN YOUTH DAKWAH CENTER
 Lembaga YDC didirikan dalam rangka memenuhi seruan Allah Swt.:
  1.  Untuk meneruskan tugas Rasullulah saw. sesuai dengan firman Allah Swt. (yang artinya): “Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS al-Maidah [5]: 67)
  2.  Mengajak pada semua hal yang mendekatkan kepada Allah Swt. dan mencegah segala perbuatan yang menjauhkan kita dari padaNya, sesuai dengan dua ayat berikut (yang artinya):

 Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar,  merekalah orang-orang yang beruntung” (QS Ali Imran [3]: 104)
 Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Ali Imran [3] : 114)
 Dari penjelasan di atas, secara umum tugas dakwah Lembaga GI adalah:
  1. Meneruskan apa yang telah diperintahkan kepada Rasullulah saw. untuk menyampaikan Islam, tentunya dengan mengikuti metode dan cara yang telah dicontohkan Rasulullah saw.
  2. Mengajak kepada kebaikan, yaitu mengajak kepada Islam, menyeru kepada yang ma’ruf (melaksanakan syariat) dan mencegah kemungkaran (mencegah pelanggaran terhadap syariat)

Berpijak dari seruan di atas, maka terbentuklah Lembaga GI yang digagas oleh beberapa orang yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam memenuhi seruan Allah Ta'ala di atas.
VISI DAKWAH YOUTH DAKWAH CENTER
Visi utama dakwah Lembaga YDC adalah untuk meneruskan dakwah Rasullullah saw., yaitu menyampaikan Islam, dengan mengajak pada yang ma’ruf dan mencegah yang munkar. Hal tersebut akan dilakukan dengan membangun karakter kaum muslimin khususnya remaja yang cerdas, kritis dan berpegang teguh kepada ideologi Islam (pada taraf individu) serta menggunakan kekuatan sosial YDC untuk melakukan nahi munkar yang lebih efektif (pada taraf jama’i)
MISI DAKWAH YOUTH DAKWAH CENTER
Berikut ini adalah 8 misi dakwah Lembaga YDC yang akan menjadi dasar dalam merencanakan dan melaksanakan program-program dakwahnya.

  •  MENYEBARKAN PEMIKIRAN IDEOLOGIS ISLAMI

Sesuai dengan latar belakang berdirinya, misi pertama YDC adalah untuk meneruskan tugas Rasullulah saw. dalam menyebarkan Islam, sehingga Islam menjadi rahmatan lil alamin. Misi syiar merupakan tujuan utama keberadaan YDC. Dalam misi ini YDC akan menyebarkan pemikiran atau nilai Islam kepada seluruh objek dakwahnya, khususnya remaja. Lembaga YDC akan menjadikan agenda syiar sebagai kesempatan untuk mentransformasi objek dakwah dari antipati menjadi simpatisan dan bahkan mendukung dakwah YDC.

  •  MENINGKATKAN KADERISASI ANGGOTA YDC

 Setelah melakukan dakwah/syiar, peran utama selanjutnya dari YDC adalah mengembangkan potensi dari kader dakwah. Mengembangkan kader dakwah adalah salah satu proses penting bagi YDC, karena kader adalah aset penting untuk menjaga  perputaran roda dakwah Lembaga YDC.
  •  MENGEMBANGKAN YDC MENJADI LEMBAGA DAKWAH YANG PROFESIONAL

 Setelah memiliki kader yang baik, maka kelembagaan yang sehat dan profesional adalah langkah yang perlu ditempuh berikutnya. Sehat di sini dimaksudkan adanya regenerasi kader yang berkelanjutan, sistem organisasi yang baik, serta peran pemimpin yang optimal. Nilai profesionalisme seperti etos kerja yang baik, dan kedisiplinan juga akan diterapkan dalam keorganisasian Lembaga YDC.
  •  MENGEMBANGKAN JARINGAN DAKWAH YANG LUAS DAN KUAT

Dengan menghimpun tokoh dan pakar yang siap memberikan kontribusi dan pemikiran bagi kepentingan dakwah Islam, serta didukung dengan kelembagaan dakwah yang kuat, maka YDC dapat mulai merangkul orang-orang berpengaruh baik itu tokoh atau pakar, ulama, dan pengusaha. Dengan adanya komunikasi dengan tokoh dan pakar ini, diharapkan mereka dapat mendukung kelangsungan dakwah YDC sesuai dengan bidang mereka masing-masing.
  •  MENCETAK FIGUR DAKWAH YANG HANDAL

Ketika Lembaga YDC sudah cukup kuat, maka sudah saatnya YDC mampu mencetak secara mandiri tokoh dan pakar yang berasal dari internal/kader YDC, yang diharapkan mampu menjadi bagian dalam ekspansi dakwah remaja Islam yang dikelola Lembaga YDC. Diharapkan ketokohan kader dakwah YDC ini akan membuat aktivitas dakwah YDC lebih luas dan mudah diterima di masyarakat.
  •  MENJADI LEMBAGA DENGAN KONTROL SOSIAL MASYARAKAT YANG EFEKTIF

Dengan kekuatan dari program dakwah YDC, serta kredibilitas yang didapat dari kepercayaan publik. Maka, YDC akan dapat berperan lebih efektif dalam proses ‘nahi munkar’. Lembaga YDC akan menggunakan social power yang dimilikinya, dalam rangka ‘nahi munkar’ terhadap semua pihak yang mengajak kepada kemunkaran.
  •  MEMPERKUAT BASIS SOSIAL

Basis sosial utama bagi YDC adalah remaja, mahasiswa dan kalangan umum. Dengan semakin kuatnya basis sosial, maka dukungan pasti akan mengalir kepada aktivitas dakwah Lembaga YDC. Dukungan dapat dalam bentuk aspirasi, partisipasi, maupun sekadar mendukung secara moral. Basis sosial dapat dibangun dengan meraih semakin banyak kepercayaan dari objek dakwah Lembaga YDC.
  •  MENJADI LEMBAGA DAKWAH YANG MANDIRI

Kelangsungan dan keberlanjutan dakwah adalah menjadi salah satu isu utama dalam setiap lembaga dakwah, demikian juga dengan Lembaga YDC, untuk memastikan bahwa program dakwah Lembaga YDC tetap berjalan dan berkesinambungan, maka usaha-usaha untuk menjadikan YDC mandiri akan menjadi perhatian utama dalam setiap program dakwah YDC.
OBYEK DAKWAH
Obyek dakwah utama yang akan dibidik dalam program dakwah YDC adalah kalangan remaja dan umum. Kami di YDC percaya bahwa remaja adalah asas sebuah bangunan, kami paham bahwa mendidik remaja dengan manhaj islami merupakan fondasi berdirinya sebuah masyarakat yang islami, karena mendidik remaja dengan manhaj yang islami berarti mempersiapkan generasi yang siap mengemban risalah dakwah dan menegakkan bendera Islam.
Remaja merupakan batu pertama bagi pembentukan sebuah masyarakat islami. Seorang remaja bagaikan lembaran kertas putih yang masih bersih. Oleh karena itu, kita harus bersegera menuliskan ketakwaan dan akhlak islami pada kertas itu sebelum didahului dan ditulisi dengan tulisan yang menyesatkan oleh orang lain yang berupaya menjauhkan Islam dari kaum mulismin (khususnya kalangan remaja). Lembaga YDC insya Allah percaya bahwa, seorang remaja akan tetap terpikat kepada orang yang memperlakukannya sesuai dengan tabiatnya sebagai remaja. Ia akan merasa bahwa ia berada dalam naungan kasih sayang orang tuanya sendiri, dengan cara seperti inilah lembaga YDC merangkul obyek dakwahnya.

5 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum
    Kunjungan balasan dari Admin Musholla Baitul Hasan Petarukan.

    Kelihatannya,Pesantren yang anda maksud berafiliasi dengan Organisasi "orang lain" ,, bahkan dari salah satu link yang anda sebut diatas adalah situs pendukung gerakan / faham terorisme dan anarkhisme berkedok agama.dan situs yang logonya anda gunakan sebagai image posting adalah salah satu organisasi yang bersikeras merobohkan Pancasila dan NKRI.
    Akan lebih baik bila kita mendalami agama dan akidah kita bersama,,sehingga kita tidak mudah terbujuk dengan sesuatu yang kelihatannya "sangat Islam" namun sesungguhnya bermuatan politis dan penuh Ideologi titipan

    BalasHapus
  2. matur nuwun atas kunjungan baliknya mas.
    Semoga makin banyak rekan-rekan yg menambah info tentang ydc.

    BalasHapus
  3. wah sy malah baru denger nich ada ponpes d kendalsari,,, pengasuhnya siapa sich..? (nurcahyo_segeran) salam kenal saja.

    BalasHapus
  4. SEGERAN juga di postingkan c Pak,,, kesadaran akan pentingnya pendidikan di segeran meningkat pesat lho pak,, banyak sarjana sarjana muda ber munculan,,, pengangguran 0%, generasi mudanya rajin rajin, dari segi agama pun mulai bangkit, dari kegiatan pengajian ibu2, bapak nya, rotibannya, tablig akbarnya yg tiap sya'ban,,, aku bangga jd warga segeran...

    BalasHapus
  5. matur nuwun atas kunjungannya mas Nur.
    Insya Allah kalo lagi mudik ke Sikuang, Nyong sempatkan ke Segeran.

    BalasHapus

Nyong ngaturke matur nuwun karo Saran Panjenengan