20.56
3
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari Petarukan Pemalang
Teringat aku ketika masih kecil, kalo diitung-itung 30 tahun yang lalu Mak Nya Nyem adalah seorang wanita yang sering membantu memasak di rumahku.
Oleh Bunda yang menurutku koki paling Eunek di dunia,  Mak Nya Nyem   diajarin dengan suabar dan teliti agar bisa menggantikan Bunda memasak.
Maklum waktu itu Ayahnda sudah tiada jadi Bunda yang pontang-panting nyari uang untuk sekedar menyambung hidup bagi kelima anaknya, aku sendiri adalah anak kelima dari lima bersaudara.
Oh..ya Bunda memperoleh keahlian memasak dari Sekolah Kepandaian Putri maka-nya Beliau Jago masak ya....
Sekolah Kepandaian Putri itu sendiri kalo sekarang setaraf dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tetapi SKP 4 Tahun sedang SMP 3 tahun. Di Pemalang SKP berlokasi di depan Samsat Jl Pemuda Pemalang.
Kembali ke sosok  Mak Nya Nyem  , memang terasa mblaur, ngablu atau semprul aku ini, karena sampe sekarang nama asli wanita yang berpenampilan selalu sumringah, ramah dan kenes ini aku tidak tahu. Tapi tak apalah mudah-mudahan  Mak Nya Nyem  juga memaklumi.
Sekitar akhir tahuan 90-an atau awal tahun 2000-an  Mak Nya Nyem  mulai menerapkan keahliannya dengan membuka warung kecil-kecilan di tengah sawah  Sikuang  Kidul Kali depan SD Negeri 3  Kendalsari  .
Kalo dulu SD Negeri 3 Kendalsari adalah SD Inpres. di lokasi itu ada SD Negeri 3  Kendalsari   dan SD Negeri 5 Kendalsari, aku dulu bersekolah di SD Negeri 5 Kendalsari 
Lokasi ini bisa ditempuh dari arah selatan dari Tegalsari Barat melewati  Dronjong, dari Dronjong melewati areal persawahan di tepi sikuang kidul kali sampeyan bisa sampe ke lokasi.
Kalo dari utara dari Balai Desa  Kendalsari  ke arah selatan melewati jembatan sekunder kali Comal, terus saja ke arah selatan sampai perumahan warga tidak ada lagi.
Awalnya merupakan warung yang sangat sederhana dengan bangunan semi permanen terbuat dari bambu.
Lambat laun karena terkenal dengan rasanya yang menggoyang lidah warung ini menjadi terkenal dan menjadi favorit pengunjung.

  • Sayur Asem dan Pecak Iwak panggang dengan ramuan bumbu yang diolah dengan takaran yang membuat lidah jadi bergoyang.
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Pecak Ikan Goyang Lidah
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Sayur Asem dengan kesegaran yang Nyus
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Lodeh yang siap menggoyang lidah
  • Teh Panas, dengan teknik menyeduh teh yang teliti, aroma keharuman teh menjadi sempurna.
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Teh Poci yang Nasgitel
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Teh dengan aroma yang harum
  • Pisang Goreng, bakwan dan Tahu sumpel, dengan bumbu terukur dan cara menggoreng yang teliti menjadikan gorengan renyah kali digigit dan terasa bumbu yang enak.
Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Pisang Goreng Penggugah selera

Warung Mak Nya Nyem Sikuang Kendalsari
Bakwan dengan bumbu yang lezat

3 komentar:

  1. pagi" buka halaman ini bikin laper aja
    aakkkk

    BalasHapus
  2. matur nuwun kang sudah mampir, saya juga laper terutama sama masakan Bunda, tapi kalo masakan Bunda belum matang, ya mampir dah kesini

    BalasHapus

Nyong ngaturke matur nuwun karo Saran Panjenengan